Sudah Tahu Manfaat Benalu Mangga?

Apa yang terbersit di kepala Anda jika mendengar kata “benalu”? Boleh jadi kata pertama yang terlintas adalah “pengganggu’ “perusak” dan semacamnya. Memang, benalu ini merupakan kelompok tumbuhan yang hidup seperti parasit. Mereka menumpang pada batang tumbuhan lainnya. Benalu ini mudah sekali dijumpai di pohon-pohon besar di wilayah tropis termasuk Indonesia. Persebaran tanaman yang satu ini terjadi atas bantuan burung. Saat burung memakan buah benalu maka bijinya akan lengket pada tubuh burung dan saat ia hingga di pepohonan lainnya, secara tidak langsung ia menyebar bibit benalu tersebut. Salah satu pohon yang sering dihuni oleh benalu adalah mangga. Umumnya mereka terlihat menyatu dengan daun mangga sebab mereka memang menumpang di bagian dahan. Benalu pada mangga bernama Dendropthoe petandra. Selain dianggap sebagai hama pengganggu, ternyata manfaat benalu mangga ini juga banyak dipercayai masyarakat kita.


Mengenal Lebih Jauh Dendropthoe Petandra

Meski dikelompokkan sebagai tanaman benalu, namun kandungannya berbeda-beda tergantung pada jenis pohon yang menjadi inangnya. Untuk benalu mangga atau Dendropthoe petandra, berdasarkan penelitian klinis diketahui ia mengandung sejumlah zat bermanfaat antara lain flavanoid kuersetin, rutin, tannin, meso-inositol dan lain-lain. Senyawa ini sudah sejak lama dikenal sebagai inhibitor atas enzim DNA topoisomerase sel kanker.

Manfaat Benalu Mangga

Tanaman benalu mangga merupakan kerabat tanaman yang masuk ke dalam famli Loranthaceae. Sudah sejak lama ia dipercaya sebagai salah satu obat herbal yang mujarab mengobati sejumlah penyakit serius, antara lain:
  • Gangguan kelenjar prostat. Untuk mendapatkan khasiat benalu dalam melawan penyakit ini, Anda harus merebus daun benalu mangga dan minumlah pada pagi, siang dan malam hari.
  • Gejala nyeri pinggang. Caranya ambillah daun benalu mangga sebanyak 9 lembar dan kemudian cuci hingga benar-benar bersih. Setelahnya rebus bersama dengan air sebanyak 2 liter hingga susut menjadi 1 liter saja. Air rebusan tersebut Anda minum 3 kali sehari yakni pagi siang dan malam. Setelah mengkonsumsi air rebusan ini, diharapkan Anda minum banyak air putih untuk meminimalisir efek samping daun benalu mangga.
  • Manfaat benalu mangga lainnya adalah untuk mengobati kanker, tumor, permasalahan di organ usus dan juga amandel. 

Manfaat benalu mangga memang sudah banyak dibuktikan oleh masyarakat. Meski demikian, Anda tetap harus hati-hati sebab selain mengandung senyawa bermanfaat, benalu mangga juga mengandung racun yang dalam kadar tertentu bisa berakibat buruk pada kesehatan manusia. Untuk mengakali hal ini, nenek moyang kita telah mengajarkan agar benalu mangga direbus menggunakan wadah dari tanah liat sebab ia akan menyerap senyawa racun daun benalu. Tips lainnya adalah dengan merebus daun benalu hingga tiga kali agar racunnya hilang. Selamat mencoba!