Cara Membuat Sambal Mangga Muda Nikmat

sambal mangga muda
Nikmat dan segarnya buah mangga memang mencapai puncaknya saat ia mengkal atau matang. Pada kondisi tersebut buah mangga mencapai derajat rasa manis yang paling tinggi. Sementara itu rasa asamnya akan tersamarkan oleh rasa manis tadi. Karenanya, tidak mengeherankan jika kemudian banyak orang yang lebih menyukai menyantap buah mangga matang ketimbang mangga yang masih muda. Mangga muda memang masih didominasi rasa asam dan sedikit sepat. Meski demikian, bagi sebagian orang, rasa asam dan sepat tadi justru menjadi daya tarik tersendiri. Sebut saja wanita yang sedang ada dalam fase ngidam. Biasanya yang diinginkan justru buah mangga yang masih muda. Bukan hanya wanita hamil sebenarnya, sebagian orang juga gemar mengolah mangga muda tersebut menjadi kuliner yang mengoyang lidah. Salah satu yang wajib Anda coba adalah sambal mangga muda atau populer juga dikenal dengan nama Sambal Pencit. Tertarik? Anda bisa membuatnya langsung dari dapur Anda, berikut resepnya.
Siapkan Bahan-Bahan Yang Diperlukan

Pada prinsipnya, meracik sambal mangga muda sangat mudah dan tak memakan waktu yang lama. Adapun bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • Buah mangga yang masih muda. Kupas dan bersihkan. Kemudian potong memanjang dengan tipis seperti ukuran korek api. Simpan di wadah terpisah.
  • Cabe merah sebanyak 3 buah.
  • Cabe rawit sebanyak 5 buah. Jumlah sebenranya tergantung penuh pada selera Anda. Jika Anda pecinta pedas, bisa ditambahkan lagi jumlah cabainya. Begitu sebaliknya.
  • Bawang merah sebanyak 3 butir.
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Terasi secukupnya. Bakar sebentar sebelum diolah.
  • Garam juga penyedap secukupnya atau sesuai selera.
Cara Membuat Sambal Mangga Muda


Setelah semua bahan-bahan telah tersedia, saatnya Anda meracik sambal mangga muda nikmat a la Anda. Pertama, haluskan cabai merah bersama dengan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, garam dan penyedap juga terasi. Setelah semua bahan bumbu telah halus sempurna, Anda bisa menyimpannya di wadah baru kemudian dicampur dengan potongan mangga muda. Atau jika Anda inginkan, manga muda bisa langsung dicampurkan pada saat bumbu masih ada di ulekan. Sebagian orang hanya mencampurkan begitu saja namun ada pula sebagian yang menggerus mangga agar lebih menyatu dengan bumbu. Semua bergantung pada selera Anda. Setelah selesai, sambal mangga muda siap disajikan untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Sebagai rekomendasi, jika Anda bosan dengan sambal mangga muda yang itu-itu saja, Anda bisa menambahkan bahan lainnya agar rasanya lebih variatif. Misalnya saja ditambahkan kacang tanah yang telah disangrai dan digerus secara kasar. Sebagai sentuhan akhir anda bisa melumuri sambal mangga muda dengan perasan jeruk nipis. Dan agar lebih gurih, tambahan ebi matang dalam bentuk bubuk akan membuat sensasi sambal mangga muda Anda jauh lebih nikmat. Selamat mencoba di dapur masing-masing ya!