Resep Sambal Mangga Muda Paling Praktis!

Resep Sambal Mangga Muda
Mangga merupakan salah satu jenis buah tropis yang banyak digemari. Rasanya yang khas serta keberadaannya yang melimpah membuat mangga selalu menjadi primadona. Anda salah satu penggemar buah mangga? Jika iya, jawablah pertanyaan kecil ini: Lebih suka mana, mangga matang atau mangga muda? Hampir semua orang akan menjawab mangga matang. Rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut memang lebih akrab di telinga. Meski demikian, tak sedikit juga yang jatuh cinta pada mangga muda. Bukan hanya ibu ngidam tapi beberapa orang memang suka rasanya yang asam menyegarkan. Mangga muda sering diolah menjadi berbagai olahan agar lebih ramah di lidah. Sebut saja rujak. Keberadaan potongan mangga muda tak boleh alpa. Tapi bagaimana jika Anda bosan dengan rujak? Jangan khawatir, sebab mangga muda juga bisa disantap dengan mengolahnyaa menjadi sambal nikmat pendamping nasi hangat. Banyak yang jatuh cinta pada sambal mangga muda ini. Kombinasi rasa asam dan juga pedas membuat lidah ketagihan. Pernah mencoba? Kalau belum, tak ada salahnya meracik sambal mangga muda ini di dapur Anda. Berikut kami beri resepnya.


Pada dasarnya membuat sambal mangga muda sangat mudah, praktis dan tak memakan waktu Anda. Hal pertama yang wajib Anda lakukan tentunya menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Apa saja? Berikut daftarnya:
  1. Mangga muda sebanyak kira-kira 500 gram. Kupas dan serut menjadi potongan kecil seukuran korek api atau sesuai selera Anda. Jika Anda tak menyukai rasa asam yang terlalu dominan, pilihlah mangga arumanis muda sebab ia tak memiliki asam yang terlalu “menggigit”.
  2. Cabe merah keriting sebanyak 4 buah.
  3. Gula merah sebanyak 2 sendok makan.
  4. Garam sebanyak 1 sendok teh, pilih garam kasar.
  5. 1 sendok teh terasi. Bisa dibakar terlebih dahulu agar aromanya semakin kuat.
  6. Tomat sebanyak 2 buah. Pilih yang berukuran sedang dan matang sempurna.
Setelah semua bahan-bahan meracik sambal mangga muda tersedia, saatnya Anda mulai proses pembuatan. Sama seperti sambal biasa, mulailah dengan mengulek cabe merah keriting bersama dengan garam kasar, gula merah, dan juga terasi. Ulek hingga semua benar-benar halus. Selanjutnya masukkan tomat dan kembali ulek hingga lumat merata. Setelah sambal siap, segera masukkan potongan mangga muda tadi dan campurkan merata dengan sambal. Dan, tak butuh waktu lima menit, sambal mangga muda Anda sudah siap disantap bersama nasi hangat yang mengepul.

Ada beberapa orang yang tidak menambahkan tomat juga terasi dalam sambal mangga muda mereka. Anda juga bisa jika memang tak menyukai kedua hal tersebut. Agar sambal mangga muda Anda semakin nikmat, tambahkan kacang tanah yang telah disangrai dan gerus halus bersama dengan bahan sambal lainnya. Rasanya? Tentu nikmat! Anda akan ketagihan lagi dan lagi!